Tips Mudah Mengganti Oli Transmisi atau Gardan Motor Matic

Tips Mudah Mengganti Oli Transmisi atau Gardan Motor Maticjurnalwindows.com – Motor honda beat barangkali diindonesia ini udah berlimpah sekali yang punyai motor matic berasal dari pabrikan honda ini, berdasarkan pengalaman memakai motor beat memang pilihan yang tepat khususnya untuk memilih motor matic paling baik ,Lha gak paling baik gimana, motor beat menurut saya sendiri tidak cuman tarikan tenaganya yang joss ,Body motor yang gak berat dan gak amat mudah , bahan bakar yang menurut saya lebih irit berasal dari pada kompetitornya. memang honda beat pilihan yang tepat untuk seluruh kalangan yang pengen punyai motor.nah pada kesempatan ini saya ingin sharing info yang bisa saja selama ini kamu cari bukan , yaitu perihal cara mengganti oli gardan pada motor honda beat , sebenarnya bukan sebatas motor honda beat saja , kamu bisa gunakan untuk motor matic lainya layaknya honda vario, yamaha mio, dan lain lain intinya adalah bisa kamu aplikan ke beraneka motor matic yang ada di indonesia ini.

Tidak cuman Oli mesin pada motor matic sebut saja pada motor honda beat ada juga lho oli transmisinya atau oli gardan jikalau teman teman bilang. Oli itu tentunya berfaedah untuk pelumasan sehingga kinerja lebih maksimal dan tentunya perlu di ganti . Bila dibiarkan maka nantinya akan berakibat timbul bunyi di dalam bak transmisi. hal itu dikarena implikasi berasal dari gesekan antar gigi transmisi yang udah minim pelumasan. Implikasi lanjutannya akan berjalan keausan dibagian itu. ucap Endro Sutarno, bagian training PT Astra Honda Motor (Ahm).

Lalu kapan kala yang tepat untuk melaksanakan penggantian oli transmisi atau gardan itu. kecuali kemaren saya baca2 di blognya mas ari tersebut maksimal 6 bulan sekali ganti oli gardan atau 5000 km saja, walaupun maksimal penggantian tiap tiap 10.000 km. jika nunggu 10.000 km sangat lama nanti kasihan motornya dan kurangi pengaruh/resiko rusak,untuk harganya sendiri oli gardan sangar murah yaitu kurang lebih 10ribuan. Sedangkan untuk melaksanakan pengecekan apakah oli gardan masih atau habis kamu bisa mengecoh dengan memakai sapu lidi, kamu bisa masukan ke area oli gardan itu jika masih ada maka kondusif , jika tinggal sedikit kamu bisa membuang dan mengganti dengan yang baru.

Berikut ini kutipan yang saya kutip dari mekanik mas ari tentang penggantian oli gardan yang mungkin bisa membantu motor matic anda.

  • Oli gardan maksimal dipakai sampai  di 10.000 km,akan tetapi alangkah lebih baiknya anda melakukan penggantian sebelum di 10.000 km agar lebih safety.
  • Perlu di perhatikan bahwa Oli gardan meskipun masih kelihatan bening maka tetap harus diganti ,untuk kapasitas oli gardan itu tergantung dari jenis motornya karena setiap motor itu berbeda kapasitas olinya , tapi pada umumnya rata2 hanya menggunakan 1 botol ,kecuali mtr xeon yang menggunakan 2 botol.
  • Oli gardan meskipun sudah digunakan sampai 10.000 km tapi tetap bening ? jawaban mas ari adalah itu normal,karena sistem pelumasan di ruang mesin dengan gardan sistemnya beda. untuk oli mesin cepat hitam karena selain sebagai pelumas dan pendingin oli di mesin juga berfungsi sebagai ‘perapat’/ membantu proses kompresi dan melumasi piston ,ring piston serta cylinder yang mempunyai tingkat keausan dan gesekan lebih tinggi sehingga kerja oli mesin lebih berat.sedangkan oli gardan hanya berfungsi sebagai pelumas roda gigi saja sehingga kerjanya ringan.

Nah bagaimana , apakah anda udah paham semua hal mengenai oli gardan , jika sudah paham mari kita lanjutkan mengenai cara penggantianya yang bisa anda lihat dibawah ini :

  • Yang pertama anda bisa parkirkan kendaraan di tempat yang aman dan mempunyai permukaan yang rata ( untuk memastikan oli keluar semua saat mengisi pas dengan takaran) . Selanjutnya anda bisa menggunakan standard dua agar posisi motor rata. Selanjutnya anda buka baut pembuangan oli, ( buka baut untuk pembuangan dan juga baut untuk memasukan oli gardan).Biarkan oli tersebut keluar sampai benar benar habis anda bisa menggunaka kompresor agar lebih maksimal , tapi jika tidak ada juga tidak masalah.

Anda bisa siapkan oli transmisi yang bisa di beli di toko bengkel terdekat di kota anda untuk harganya kurang lebih sekitar 10.000an , selain oli gardan motor, siapkan juga kunci T atau kuci Y ukuran 12-an untuk membuka baut ,selanjutnya anda coba perhatian pada gambar diatas( point no 2) , di situ ada lubang perhatikan lubang in ( atas, ), out ( bawah )

Selanjutnya anda bisa buka terlebih dahulu bagian baut in  (baut atas )

  • Jika baut in sudah maka anda juga buka baut out , maksudnya adalah baut untuk saluran pembuangan oli ,jangan terlalu keras ,harap hati2,karena oli nantinya siap menetes, siapkan wadah ( anda bisa gunakan wadah seperti gelas, atau tempat yang cukup untuk menampung oli pembuangan.
  • Selanjutnya tunggu oli transmisi/gardan keluar semuanya , tunggu oli tersebut hingga tetesan terakhir hehe,artinya adalah sampe berhenti menetes lagi.Ada yang menggunakan compresor jare biar maksimal, lebay hehe, anda bisa memiringkan motor untuk memaksimalkan, tunggu saja sampai oli gak keluar.
  • Intinya adalah kuras oli tersebut sampai habis dengan cara dimiringkan ke arah kiri tapi anda harus hati2,biar motornya gak ambruk ,gunakan standard kiri dan standard tengah

Jika oli sudah dirasa habis dan sudah kering anda bisa tegakkan kembali motornya, terus tutup kembali baut yang di lepas tadi (khusunya  baut out/ baut pembuangan oli) anda bisa kencangkan baut tersebut sesuai TORSI

kemudian anda masukan oli gardan tersebut ke ujung tempat olinya, masukkan secara perlahan  lahan lewat lubang in (lihat gambar pertama)

kalau oli gardan tersebut susah masuk, anda bisa miringkan motor ke kiri sedikit, dan sambil menekan tuh botol oli, anda bisa tekan sampai semua isi olinya habis dan masuk sempurna ke gearbox

  • Nah setelah selesai anda bisa pasang kembali baut in dan kencangkan sesuai torsi
    Untuk oli sendiri anda bisa gunakan sesuai dengan kapasitas yang di rekomendasikan pada motor anda. sebagai contoh misalnya oli gardan SAE 140, Oli transmisi Manual SAE 90, oli transmisi Automatic ATF (Automatic Transmission Fluid).
  • Untuk yang terakhir, anda periksa kebocorannya kalau tidak bocor sips, sukses .

Nah hingga disini udah memahami , semoga artikel yang saya sajikan diatas bisa berfaedah khususnya buat saya pribadi dan buat teman teman yang pengen studi sendiri belajar sendiri cara mengganti oli gardan motor matic.

Demikian berita yang membahas berkaitan cara Ringan Mengganti Oli Transmisi atau Gardan Motor Matic, semoga berguna dan menerima kaish udah mampir di jurnalwindows.com jangan lupa untuk bagikan lewat facebook,twitter dan google + jika dirasa artikel diatas mampu menopang kamu dan hingga ketemu di postingan pada akhirnya,.

Check Also

Cara Reset Sensor EOT Beat Fi Dengan Mudah

Cara Reset Sensor EOT Beat Fi yang paling mudah tentu bisa anda lakukan dengan cara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *