Cara Menghilangkan Ransomware Gujd 100% Berhasil

Cara Menghilangkan Ransomware Gujd – GUJD ransomware adalah ancaman berbahaya bagi komputer Anda karena merupakan varian baru dari virus enkripsi file STOP/DJVU. Setelah diluncurkan pada sistem target, itu mengenkripsi semua file menggunakan algoritme RSA Salsa20 dan juga menandainya dengan ekstensi .gujd. Untuk menginformasikan korban tentang serangan itu, virus menjatuhkan file _readme.txt di setiap folder data yang terpengaruh. Penjahat menuntut membayar uang tebusan untuk dekripsi file GUJD, dan harga itu tergantung pada seberapa cepat korban berhasil menyelesaikan kesepakatan dengan penyerang (dan mentransfer uang). Catatan tersebut menetapkan bahwa korban harus menulis kepada penjahat dunia maya dalam waktu 72 jam dari stempel waktu infeksi untuk mengamankan kesepakatan $ 490 untuk dekripsi file, atau akan dikenakan biaya $ 980 nanti. Dua alamat email yang disediakan oleh catatan tersebut adalah [email protected] dan [email protected], dan ini adalah satu-satunya kontak yang ditinggalkan penyerang.

 

Tujuan utama ransomware GUJD adalah menggunakan algoritma enkripsi tingkat militer yang memastikan bahwa data di komputer korban menjadi tidak mungkin untuk dibuka. Harus dikatakan bahwa virus hanya mengenkripsi 150 KB pertama dari setiap file, oleh karena itu beberapa format masih dapat diperbaiki dengan beberapa kehilangan data di awal file. Namun, sisa data menjadi tidak dapat digunakan dan para penjahat berharap bahwa korban akan mencoba membayar uang tebusan untuk dekripsi data. Catatan _readme.txt menjelaskan skema harga untuk perangkat lunak dekripsi dan kunci unik – biayanya $490 jika dibayar dalam 3 hari atau $980 kemudian. Setelah menghubungi penjahat, korban akan mengetahui bahwa penyerang ingin menerima pembayaran dalam cryptocurrency (Bitcoin). Transaksi semacam itu tidak dapat dilacak dan oleh karena itu membantu menjaga anonimitas penyerang.

 

Berikut adalah cara yang bisa anda coba untuk menghilangkan virus ransomware gujd :

 

Versi ransomware STOP/DJVU dikelompokkan ke dalam varian lama dan baru. Virus ransomware GUJD dianggap sebagai varian STOP/DJVU baru, seperti UFWJ, MOQS, HHQA, AEUR, GUER, NOOA (temukan daftar lengkapnya di sini). Ini berarti dekripsi data lengkap sekarang hanya mungkin jika Anda telah terpengaruh oleh kunci enkripsi offline. Untuk mendekripsi file Anda, Anda harus mengunduh Emsisoft Decryptor for STOP DJVU, alat yang dibuat dan dikelola oleh peneliti keamanan jenius Michael Gillespie.

 

  • Unduh decryption tool from Emsisoft.
  • Klik panah kecil di sebelah unduhan Anda dan pilih Tampilkan di Folder.

 

 

  • Sekarang, klik kanan file tersebut dan pilih Run as Administrator. Jika diminta, masukkan kata sandi administrator.

 

 

  • Di jendela UAC, klik Ya.
  • Klik Ya untuk menyetujui persyaratan perangkat lunak di kedua jendela.

 

 

  • Alat akan secara otomatis menyertakan C:// disk sebagai lokasi untuk mendekripsi. Alat pemulihan file akan mengisi lokasi yang akan dipindai, termasuk drive penyimpanan data atau drive jaringan yang terhubung. Klik Tambahkan folder jika Anda ingin menambahkan lokasi tambahan.
  • Di tab Opsi, Anda dapat memilih untuk menyimpan salinan file terenkripsi. Sebaiknya biarkan opsi ini dipilih, terutama jika Anda tidak tahu apakah alat dekripsi akan berfungsi.

 

 

  • Klik Dekripsi untuk mulai memulihkan file GUJD. Anda akan melihat kemajuan di tab Hasil. Di sini, Anda dapat melihat pesan dari alat, seperti apakah prosedur dekripsi berhasil, atau Anda harus menunggu pembaruan.
  • Anda mungkin juga diberi tahu bahwa kunci online digunakan untuk mengenkripsi file Anda. Dalam kasus seperti itu, alat dekripsi tidak akan bekerja untuk Anda, dan satu-satunya cara untuk memulihkan file Anda adalah dengan menggunakan cadangan data.

 

 

 

 

GUJD ransomware memulai serangan dengan menjalankan proses enkripsi file yang mulai memindai semua folder sistem dan mengenkripsi file di dalamnya. Selanjutnya, virus menjalankan prompt pembaruan Windows palsu yang disebut winupdate.exe, yang dirancang untuk menipu korban dan membenarkan perlambatan sistem secara tiba-tiba. Selain itu, ransomware juga menjalankan tugas berikut di Command Prompt untuk menghapus Volume Shadow Copies dari sistem: vssadmin.exe Delete Shadows /All /Quiet

Artikel Paling Populer

Menghapus salinan tersebut berarti korban tidak akan dapat memulihkan data yang rusak menggunakan Titik Pemulihan Sistem. Dengan kata lain, virus mencoba memblokir semua cara yang memungkinkan untuk memulihkan data secara gratis. Apa yang juga tidak ingin dilakukan oleh korban adalah mengakses situs web yang menyediakan informasi terkait serangan yang relevan atau informasi umum tentang virus ransomware, sehingga ia menambahkan daftar domain ke file Windows HOSTS dan memetakannya ke IP localhost korban. Akibatnya, korban mengalami kesalahan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN (lihat panduan ini tentang cara menghapus daftar domain yang diblokir secara manual) setiap kali seseorang mencoba mengakses salah satu situs web yang diblokir secara langsung atau melalui mesin pencari.

Check Also

7 Aplikasi Penghasil Uang yang Terbukti Membayar Viral Terbaru 2022

7 Aplikasi Penghasil Uang yang Terbukti Membayar Viral Terbaru 2022

jurnalwindows.com – 7 Aplikasi Penghasil Uang yang Terbukti Membayar Viral Terbaru 2022 Halo bosquu, selamat …

Leave a Reply

Your email address will not be published.