Apakah Trading Saham Dapat Dilakukan Jika Belum Punya Penghasilan/Pekerjaan?

Apakah Trading Saham Dapat Dilakukan Jika Belum Punya Penghasilan/Pekerjaan?jurnalwindows.com – Tidak bisa dipungkiri, trading saham kini makin populer sementara Covid-19 melanda. Lapangan pekerjaan yang menipis, PHK dimana-mana, dan keperluan finansial darurat seakan menyebabkan banyak orang memilih trading sebagai solusinya. Tetapi, bila anda belum miliki pekerjaan apakah trading jadi satu solusi finansial?

Harus anda mengerti, trading saham adalah kegiatan jual beli yang memadai beresiko. Tidak ada salahnya menjadikan trading sebagai solusi finansial anda. Toh, trading pada dasarnya adalah kegiatan jual beli. Sekedar saja, barang yang diperjual-belikan berbentuk digital asset yang nilainya amat fluktuatif. Maka berasal dari itu, wajib persiapan yang matang sebelum laksanakan jual-beli saham, terutama bagi anda yang belum punya pekerjaan.

5 Tips Yang Wajib Kamu Terapkan Dalam Trading Saham

Jika anda belum memiliki pemasukan bulanan, dan semata-mata akan bergantung pada trading saja, maka ada lebih dari satu tips yang mesti anda terapkan pas trading. Berikut sebagian tips yang bisa anda terapkan.

Pengetahuan yang Cukup

Pastikan bahwa anda miliki lumayan ilmu terkait trading. Kenali teknik trading yang biasa digunakan trader professional dan pilihlah yang disesuaikan dengan gaya trading anda sendiri. Ada lebih dari satu gaya trading populer layaknya day trading, scalping, swing trading, dan position trading.

Pastikan juga untuk mengetahui bagaimana cara menganalisa suatu saham dengan analisis teknikal dengan time frame yang disesuaikan dengan gaya trading anda.

Mulai dengan Modal Minim

Modal adalah segalanya bagi seorang trader. Oleh gara-gara itu, modal wajib bisa dijaga supaya tidak tergerus oleh kerugian tetap-menerus. Untuk meminimalisir kerugian, alangkah baiknya jika anda memulai trading harian dengan modal yang minim. Jika anda studi sambil praktek dengan modal kecil, psikologi kala trading tentu akan lebih terjaga.

Sekuritas Terbaik

Pilihlah sekuritas paling baik untuk memulai trading. Pilih sekuritas dengan trading fee paling minimum, namun punya kredibilitas yang baik. Jangan lupa, pilih juga sekuritas yang sediakan aplikasi trading yang user-friendly supaya anda bisa praktik trading dengan gampang dan cepat.

Hindari Saham Berfundamental Buruk

Dulu dengar istilah saham gorengan? Kebanyakan makan gorengan pasti tidak baik bukan? Nah, serupa halnya dengan trading saham gorengan. Untuk anda yang masih baru mulai studi, lebih baik hindari saham gorengan. Saham gorengan adalah saham yang tidak sadar fundamentalnya atau apalagi buruk, dengan demikian kenaikan harganya tidak mencerminkan suasana mendasar perusahaannya, dan juga cenderung tidak likuid. Dengan situasi demikian walaupun anda bisa membeli sahamnya, belum pasti anda bisa menjualnya yang selanjutnya akan membuatmu rugi amat besar.

Diversifikasi

Menempatkan semua modal pada satu saham saja adalah hal yang benar-benar tidak direkomendasikan, terutama untuk trader harian. Untuk meminimalisir resiko kerugian, lebih baik bagilah modal trading anda ke sebagian saham yang sudah anda analisa. Jika salah satu saham nilainya turun, anda masih miliki lebih dari satu saham lain sebagai acuan untuk balik modal.

Tentang Psikologi Trading

Memasuki dunia trading perlu mempersiapkan mental dan psikologis yang kuat. Jikalau anda mau menjadi day trader, anda kudu memiliki psikologis yang kuat. Faktor psikologis akan benar-benar pengaruhi kesamaan memutuskan posisi yang tepat pas jual-beli saham. Nah, bagi anda yang memang mau trading sebagai ladang finansial, maka anda kudu jelas hal-hal berikut.

Selalu Gunakan Uang Dingin

Hal paling signifikan ketika anda mau trading saham adalah modal. Selalu gunakan “Uang dingin” sebagai modal trading anda. Lebih-lebih, pemanfaatan “Uang dingin” untuk trading maupun investasi terhitung salah satu teknik trading. Uang dingin sendiri didefinisikan sebagai uang yang tidak akan dipakai di dalam kurun kala 1, 3, sampai 5 year ke depan.

Kenakan uang dingin untuk modal trading miliki bermacam macam fungsi. Pertama, psikologis anda tentu akan terjaga. Kedua, anda tidak akan terkena FOMO (Fear of Missing Out) ketika menempatkan posisi jual-beli saham. Ketiga, ketika modal yang anda gunakan adalah “Uang dingin” anda cenderung lebih bisa menempatkan posisi “Hold” ketika harga saham turun. Telah ada banyak persoalan trading di luar sana dimana seorang trader telah cutloss duluan, padahal bulan depannya saham itu naik berpuluh-puluh prosen.

Beli Saham Secara Bertahap

Ketika psikologis anda tenang, maka anda tidak akan masuk All In pada satu saham ketika harga saham pada titik support maupun tengah menembus resistance. Supaya tidak kecolongan, ambil posisi beli di saham secara bertahap.

Jika harga saham turun, kamu bisa melakukan averaging down untuk meminimalisir kerugian. Jika saham naik secara signifikan, kamu bisa melakukan averaging up untuk menambah manfaat trading kamu. Tapi ingat, semua itu dilakukan secara bertahap.

“Menunggu” adalah Teknik Trading

Siapa bilang menunggu adalah hal yang membosankan? Menunggu juga termasuk dalam salah satu teknik trading saham yang paling tepat. Menunggu waktu yang tepat saat akan membuka posisi jual-beli saham adalah salah satu teknik trading yang membutuhkan level psikologis yang kuat. Ketika posisi beli kamu berada di titik yang tepat, maka potensi untuk mendapatkan manfaat dari saham tentu akan semakin besar.

Check Also

Cara Reset Sensor EOT Beat Fi Dengan Mudah

Cara Reset Sensor EOT Beat Fi yang paling mudah tentu bisa anda lakukan dengan cara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *